Dec 17, 2014

Cara Menyajikan Makanan Ala Restoran


Hari minggu biasa diidentikan dengan hari keluarga. Hari itu juga biasanya seluruh keluarga kumpul di rumah. Lari pagi bersama, menonton tv, atau bunda sendiri mencoba resep baru dan menyajikannya untuk keluarga. Nah supaya keluarga makin cinta sama masakan bunda yang enak itu, mungkin bunda perlu tahu caranya menyajikan makanan di piring ala penyajian se perti di restoran.
  •  Mulailah dengan menghidangkan makanan yang matang dan berwarna cerah
  • Bentuklah makanan menjadi bertum puk dan bermain dengan warna dan kontras untuk meningkatkan tam pilan visual yang menarik
  • Hias piring dengan daun-daunan bumbu dapur atau rempah-rempah kaya rasa agar lebih indah.
Tahukah bunda, ketika makanan terlihat menarik, maka tubuh sebenarnya menghasilkan lebih banyak cairan yang membantu penyerapan nutrisi. Jadi bisa dikatakan kalau makanan yang menarik lebih sehat daripada makanan yang tidak menarik.

Langkah-langkah cara agar hidangan yang bunda buat terlihat menarik.


  1. Hindari warna pucatSepiring makanan akan terlihat sangat menarik jika memiliki tingkat kekontrasan warna yang tinggi. Bayangkan jika bunda disajikan semangkuk oatmeal pucat atau pasta tanpa saus. Meskipun oatmeal atau pasta telah dibumbui dengan bahan-bahan yang lezat seperti mentega dan rempah-rempah, maka akan tampak seperti hidangan karbohidrat yang pucat. Sajikan oatmeal dengan buah-buahan beri merah yang segar dan siraman sirup maple kuning atau sajikan pasta dengan siramana saus pesto (saus khas Italia hijau yang sehat dan tomat ceri cincang). Hasilnya Anda akan menciptakan pengalaman bersantap yang berbeda. Apa pun yang bunda sajikan, pikirkan cara untuk menambah warna yang kontras.
  2. Tonjolkan warna-warna sayuran yang cerahCara Anda memasak sayuran sangat berhubungan dengan keseluruhan efek visual hidangan. Sayuran yang terlalu matang akan kehilangan warnanya dan cenderung terlihat kurang menarik dari pada sayuran yang dimasak dengan kematangan yang tepat. Untuk menghindari sayuran yang lembek dan pucat, masaklah sayuran agar warnanya teta p cerah dan rasanya renyah.
  3. Olah daging dengan teknik searing (menggoreng daging dengan sedikit minyak pada suhu tinggi dan diamkan)Banyak hidangan terlihat sangat menarik jika dangingnya dimasak dengan teknik searing. Penampilan steak atau sepotong salmon panggang dengan kulit yang cokelat dan renyah akan membuat keluarga Anda tak kuasa menahan liur. Selain dimasak dengan searing, Anda juga harus mendiamkan daging beberapa menit sebelum di potong. Hal ini akan membuat cairan daging yang keluar akan meresap kembali ke dalamnya, sehingga cairan itu tidak membanjiri piring.
  4. Gorenglah makanan dengan hati-hatiMakanan yang kurang matang atau terlalu matang digoreng sulit disajikan dengan cara yang menarik. Makanan yang digoreng bisa terlihat cantik di atas piring, namun sangat penting untuk menggorengnya dengan baik dan mengatasi minyaknya agar tidak mengotori piring. Gorenglah makanan hingga berwarna cokelat keemasan, lalu tiriskan di piring yang dialasi tisu makan untuk menyerap minyak yang berlebihan. Jika tidak ditiriskan, minyak makanan itu akan meninggalkan noda-noda di piring.
  5. Perhatikan teksturnya. Tekstur dan warna adalah dua hal yang sama pentingnya saat membicarakan tampilan makaan yang menarik diatas piring. Jika makanan terlalu berminyak, terlalu kering, lembek, keras atau sulit dikunyah dan ditelan, maka tampilan yang menarik sudah tidak penting algi. Berusahalah untuk memasak dengan baik agar menghasilkan makaan dengan tekstur yang tepat.
  6. Lakukan eks perimen dengan bentuk-benetuk yang menarik. Misalnya, memotong sayuran menjadi bentuk yang menarik dapat membuat makanan sederhana menjadi istimewa. Sendok es krim bisa digunakan untuk membuat kubah nadi atau kentang tumbuk. Anda dapat memasak dan menyajikan saruran, pencuci mulut, pot pie (semacam pastel tutup) dan makanan lain dengan membuatnya menjadi bentuk yang unik agar menarik.

Cara menyajikan :
  1. Jika ragu, pilihlah piring putih karena piring putih tidak bersaing secara visual dengan makanan yang disajikan. Piring putih memberikan efek kontras, membuat warna makanan menjadi lebih cerah dan teksturnya lebih menarik.
  2. Visualisikan penyajian akhir. Pikirkan bagaimana cara menyajikan makanan utama dengan hidangan pendampingnya dan pikirkan dimana meletakkan makanan pendamping agar terlihat cantik dengan elemen-elemen lain di piring.
  3. Batasi ukuran porsi makanan. Isilah dua pertiga bagian  piring dengan makanan. Sisa bagian piring yang lain harus kosong. Ruang yang kosong akan memberikan efek kontras pada makanan, sehingga tampak lebih menarik.
  4. Ikuti aturan jumlah ganjil. Elemen hidangan dalam jumlah ganjil secara visual lebih menarik dari pada jumlah genap. Elemen berjumlah ganjill menciptakan kesan sepotong makanan yang dibingkai elemen-elemen lain
  5. Bermainlah dengan tekstur yang berbeda. menciptakan tekstur yang berbeda adalah cara yang baik untuk menarik perhatian. Terlalu banyak makanan lembut atau renyah diatas piring tidaklah menarik, namun kombinasi keduanya akan sangat lezat.
  6. Tumpuk makanan untuk menambah ketinggian. Seringkali kita melihat makanan yang ditumpuk di restoran, namun makanan rumahan biasanya tidak ditata seperti itu. Menambah ketinggian pada hidangan akan membuat makanan biasa menjadi luar biasa. Tips:  sajikan makanan protein diatas makanan karbohidrat.
  7. Gunakan saus dengan bijak. Jika Anda menyajikan kari, anda perlu memisahkan kuah itu sebelum disajikan, lalu tuangkan dalam jumlah yang tepat ketika hidangan disajikan di piring. Dengan cara itu anda bisa mengontrol jumlah saus dan membuat hidangan terlihat menarik.
  8. Ikuti tren menghias makanan. Ingat, gaya penyajian makanan bisa berubah meski pun dalam beberapa tahun atau bulan. Jadi perbaharui tren tersebut lewat majalah memasak, situs web memasak atau makanan.


Menambah Sentuhan yang Menarik
  1. Gunakan hiasan yang menambah cita rasa hidangan. Apa pun yang anda sajikan, pastikan hiasan akan membuat hidangan menjadi lebih baik dan bukannya membuat piring terlihat berantakan.
  2. Gunakan teknik siraman.  Cara lain untuk menyelesaikan makanan adalah dengan memberikan siraman saus atau cairan kental. Pertimbangkan untuk memasukkan saus ke dalam botol pencet sehingga Anda bisa menci ptakan bentuk spiral atau pola yang cantik dari pada menuangkannya di atas makanan. Jangan terlalu banyak memberikan saus. Kuncinya adalah menambah sentuhan warna, rasa dan tekstur tanpa menyaingi makanan utama.
  3. Pastikan piring dalam keadaan bersih. Jika terlihat adanya noda di pinggiran piring, celuplah tisu makan ke dalam secangkir air yang dibubuhi sedikit cuka putih. Gosok pinggiran piring sehingga tidak ada sisa makanan atau bekas jari yang terlihat.




Sumber : http://id.wikihow.com/

3 comments:

  1. Thank you for sharing. Its informative and full of information.
    Tips Menghias Makanan

    ReplyDelete
  2. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  3. "Selamat siang Bos ๐Ÿ˜ƒ
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete